Rentan Terserang Penyakit? Bacalah Amalan Kesehatan Badan ini untuk Mengatasinya

amalan kesembuhan penyakit

Rentan Terserang Penyakit? Bacalah Amalan Kesehatan ini untuk Mengatasinya – Di tengah pandemi COVID-19 ini, siapapun orangnya, bagaimanapun kepribadiannya, pasti rentan terkena infeksi COVID-19. Apalagi kaum lanjut usia dan juga balita yang mempunyai sistem daya tahan tubuh yang lemah, dinyatakan mempunyai risiko lebih tinggi dalam terpapar infeksi COVID-19.

Untuk mencegah dari terpaparnya infeksi COVID-19 ini, hendaknya kita menerapkan protokol kesehatan yang telah digaungkan oleh pemerintah, diantaranya yaitu melakukan physical distancing, menggunakan masker apabila pergi ke luar rumah, rutin mencuci tangan baik dengan sabun maupun dengan alkohol, memperbanyak olahraga, dan mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain untuk menghindari paparan infeksi COVID-19, dengan menjaga kesehatan juga berarti mencegah tubuh dari paparan infeksi penyakit yang lainnya. Apalagi apabila Anda merupakan seorang yang mempunyai riwayat mudah terserang penyakit. Selain dengan melakukan protokol kesehatan, Anda juga harus membekali diri Anda dengan doa.

Karena pada dasarnya, kesehatan itu bukan hanya dari segi fisik, tetapi juga ada kesehatan mental yang harus Anda jaga. Untuk menyeimbangkan kedua kesehatan ini, Anda bisa mencoba mengamalkan beberapa amalan kesehatan badan yang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang dan tentunya terbukti sangat ampuh.

Berikut beberapa amalan yang selalu diamalkan Rasulullah SAW untuk memohon kesehatan kepada Allah SWT., “Allahumma afini fi badani allahumma afini fi sam’i allahumma afini fi bashari”. Doa ini mempunyai arti memohon kepada Allah untuk diberi kesehatan badan, kesehatan indra pendengaran, dan juga kesehatan indra penglihatan.

Kemudian, setelah itu langsung disambung dengan doa, “Allahumma inni audzu bika minal kufri wal faqri, allahumma inni audzu bika min adzabil qabri, lailahaillaanta”. Doa yang merupakan kelanjutan amalan yang pertama ini, pada intinya mempunyai arti yang sama, yaitu meminta untuk kesehatan badan, namun terdapat tambahan untuk memohon berlindung dari kefakiran, kekafiran, dan siksa kubur.

Doa ini harus Anda amalkan sebanyak tiga kali dalam sehari, mulai dari pagi, siang, sampai malam hari. Dalam keadaan sakit pun, Anda bisa mengamalkan doa ini untuk meminta kesembuhan kepada-Nya. Caranya mudah, Anda tinggal mengamalkan doa tersebut sambil meniupkannya pada obat dan air yang akan diminum.

Selain dari kedua doa tersebut, terdapat pula ulama yang menyebutkan beberapa amalan kesehatan badan yang lain yang bisa Anda amalkan, diantaranya yaitu, “Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal muafaatad daaimata fiid dunyaa wal akhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari”. Yang mempunyai arti untuk meminta kesehatan dan perlindungan di dunia dan di akhirat, serta kemenangan masuk surga dan terbebas dari api neraka.

Cukup banyak bukan amalan yang bisa Anda coba lakukan? Atau Anda juga bisa mencoba mengamalkan doa ini, “Allaahumma inni a’udzubika min zawali ni’matika, wa thahawwuli a’fiyatika, wa faja’ati niqmatika, wa jami’i sakhatika’’. Doa ini artinya memina perlindungan kepada Allah dari hilangnya nikma dan hilangnya sehat. Sehingga doa ini bisa digunakan oleh Anda yang sedang dalam keadaan sakit.

Selain doa tersebut, Anda juga bisa meminta kesembuhan dengan menggunakan amalan kesehatan badan yaitu membaca Al-Fatihah. Untuk mengamalkan doa ini, Anda perlu membacanya sebanyak 40 kali sambil dihadapkan pada air putih. Nantinya, air putih ini harus Anda usapkan pada tubuh Anda, seperti pada muka, kepala, tangan, kaki maupun bagian tubuh yang lainnya. Apabila air tersebut masih bersisa, Anda bisa meminumnya.

Selain membaca doa-doa tersebut, Anda juga harus membarenginya dengan amalam-amalan lainnya. Anda bisa mencoba untuk mulai mengamalkan mengkonsumsi Habbatussauda atau Jintan Hitam. Karena, jintan hitam ini telah diyakini mampu untuk mengobati segala jenis penyakit. Rasulullah pun diriwayatkan sering mengkonsumsi jintan hitam ini untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Selain rutin mengamalkan konsumsi jintan hitam sesuai riwayat Rasulullah, Anda juga hendaknya selalu menjaga hati Anda agar terhindar dari penyakit hati. Sebab, penyakit hati seperti sombong, iri, dengki, riya, maupun yang lainnya ini akan berdampak besar ke kesehatan Anda, baik itu secara rohani maupun jasmani.

Dari adanya penyakit hati ini, bisa dibilang hidup Anda tidak akan tenang. Karena setiap melihat orang lain, pasti penyakit hati ini kambuh. Melihat orang senang, Anda akan iri. Melihat orang susah, Anda akan sombong, dan lain sebagainya. Yang pada akhirnya, Anda sendirilah yang akan menanggung semua keresahan yang timbul dari penyakit hati ini, mungkin lama-lama Anda juga bisa stress sendiri.

Nah, agar terhindar dari penyakit hati ini, Anda harus mengamalkan amalan kesehatan badan berupa memasang mindset hidup untuk berbuat baik, berpikir positif, sibukkan hidup Anda untuk mengurus diri dan kehidupan Anda sendiri, dengan adanya mindset ini, Anda tidak akan terkena penyakit hati. Itulah beberapa amalan yang bisa Anda coba, semoga Anda sehat selalu!